Senin, 26 Oktober 2015

Jangan Membersihkan Lubang Kuping Dengan Cotton Bud! Ini Bahaya dan Akibatnya!

slidegossip.com - Selama ini mungkin banyak orang yang mengira, membersihkan lubang telinga atau kuping dengan menggunakan cotton bud akan aman dan terjamin kebersihannya. Cotton bud memang sudah menjadi salah satu alat pembersih telinga yang sudah dikenal banyak orang. Cotton bud dipercaya dapat membersihkan telinga dan lubang telinga dengan baik, namun faktanya ternyata berkata sebaliknya. Cutton bud malah bisa membahayakan telinga.
Dalam lubang telinga terdapat suatu lapisan kulit yang mengandung kelenjar dan mengelupas setiap harinya. Sekresi kelenjar dan pengelupasan ini dinamakan serumen yang berfungsi untuk melumasi liang telinga, melindungi dan membersihkan telinga secara alami.
Melansir Newsupdate.com, kebiasaan membersihkan telinga dengan cotton bud tentu akan membahayakan kesehatan telinga, karena saat mengorek telinga dengan cotton bud akan membuat telinga iritasi. Belum lagi jika gendang telinga tertusuk jika tak hati-hati menggunakan cotton bud.
Faktanya, tanpa menggunakan cotton bud pun telinga dapat membersihkan dirinya sendiri secara alami. Proses ini terjadi saat pagi hari setiap bangun tidur dimana serumen secar normal bergerak keluar dari liang telinga dibantu gerakan rahang saat mengunyah atau berbicara.
Telinga adalah salah satu indera yang dapat mendeteksi suara dan berperan sebagai keseimbangan posisi tubuh. Telinga sangat berperan dalam mengenal dan berkomunikasi dengan lingkungan sekitar. Karena itulah kebersihan telinga tentu harus selalu dijaga. (Op)
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Jangan Membersihkan Lubang Kuping Dengan Cotton Bud! Ini Bahaya dan Akibatnya!”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772