Sabtu, 28 Februari 2015

Asal Muasal dan Penjelasan Yang Masuk Akal Tentang Baju Berwarna Hitam-Biru Yang Jadi Perdebatan

(slidegossip.com) Baru-baru ini dunia maya dihebohkan dengan munculnya foto baju (gaun dress) berwarna hitam dan biru atau putih dan emas atau #TheDress yang jadi perdebatan. Banyak yang mencoba menebak apa warna sebenarnya dari baju (dress) tersebut. Sampai-sampai artis terkenal seperti Taylor Swift hingga Kim Kardashian pun ikut-ikutan penasaran dan menebaknya. Hal ini disebabkan karena begitu banyaknya orang yang berbeda pendapat dengan mengatakan melihat warna putih dan emas serta hitam dan biru pada baju tersebut. Perdebatan soal baju ini pun sampai menjadi trending topic di Twitter.
Pihak yang satu mengira dress itu berwarna biru dan hitam. Tapi kubu lain meyakini bahwa pakaian wanita itu merupakan perpaduan warga putih dan emas. Menurut pandangan Taylor Swift, warga dress tersebut berwarna biru dan hitam. "I don’t understand this odd dress debate and I feel like it’s a trick somehow. I’m confused and scared. PS it’s OBVIOUSLY BLUE AND BLACK (Aku tidak mengerti soal perdebatan aneh soal warna gaun. Ini seperti sebuah trik. Aku bingung dan takut. PS, gaun ini jelas-jelas berwarna hitam dan biru)," tulis Taylor Swift di akun Twitter-nya.
Sedangkan pasangan selebritis dunia, Kim Kardashian dan Kanye West punya kesimpulan yang berbeda. Kata Kim, gaun itu berwarna putih dan emas. Namun menurut Kanye, bajunya berwarna hitam dan biru.
"What color is that dress? I see white and gold. Kanye sees black and blue. Who is color blind? (Apa warna gaun ini? Aku melihat putih dan emas. Kanye melihat hitam dan biru. Jadi, siapa yang buta warna?)," kicau akun @kimkardashian.
Asal Muasal Baju Berwarna Biru dan Hitam atau Putih dan Emas Yang Menjadi Perdebatan :
Foto baju berwarna yang membingungkan ini awal mulanya diunggah oleh seorang pengguna Tumbler bernama Swiked. "Kawan-kawan, tolong bantu aku, apakah baju ini berwarna putih dan emas atau biru dan hitam? Aku dan temanku tidak bisa sependapat dan berkelahi karena baju itu," tulis Swiked melalui akun Tumblr-nya.
Dan berikut ini adalah penjelasan yang logis dan masuk akal tentang mengapa warna baju tersebut bisa menjadi perdebatan :
Pada tahun 2009, ilmuwan dari University of Washington Amerika, Jay Neitz, telah melakukan sebuah penelitian tentang bagaimana otak manusia memproses cahaya yang berada di luar mata. Ia menjelasakan, terdapat sel yang berbentuk kerucut di dalam otak yang terhubung ke korteks visual (bagian terbesar dalam otak manusia) melalui saraf optik. Cara neuron (sel-sel saraf) memproses cahaya ini tergantung pada bagaimana otak Anda dihubungkan.
Jika Anda lebih sering menggunakan otak kiri, maka warna gaun yang Anda lihat adalah putih dan emas. Hal ini karena otak kiri Anda terbiasa memproses warna-warna terang seperti putih dan emas.
"Karena otak kiri Anda lebih mendominasi, banyak neuron yang berasal dari saraf optik terhubung ke belahan otak kiri. Orang-orang seperti ini lebih menggunakan logika dalam berpikir, unggul dalam perhitungan dan bahasa, serta lebih mudah mengingat lirik lagu daripada nadanya," jelas Jay seperti dikutip Wired.
Sedangkan bagi Anda yang menggunakan otak kanan untuk berpikir, maka tak heran warna yang muncul pada gaun adalah hitam dan biru. Karena belahan otak kanan memproses warna-warna gelap seperti biru dan hitam. Orang yang didominasi oleh otak kanan mempunyai banyak neuron dari saraf optik yang terhubung ke bagian otak kanan sehingga orang seperti ini memiliki kecenderungan lebih kreatif dan imaginatif.
Jadi begitulah penjelasannya. Semoga baju ini tidak menjadi perdebatan lagi ya.
(Op)
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
9 Comments

Comments :

9 komentar to “Asal Muasal dan Penjelasan Yang Masuk Akal Tentang Baju Berwarna Hitam-Biru Yang Jadi Perdebatan”


Betty Nurhayati mengatakan...
on 

Keren..., thanks penjelasannya ya min, menambah pengetahuan :)

Betty Nurhayati mengatakan...
on 

Keren..., thanks penjelasannya ya min, menambah pengetahuan :)

Enjang Sugianto mengatakan...
on 

Aku pertama liat warna emas putih beberapa menit kemudian pas dilihat lagi jd hitam biru. Itu gimana jadinya min???

Joshua mengatakan...
on 

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Joshua mengatakan...
on 

kalo saya ngeliat biru dan emas

dr. Gaban mengatakan...
on 

Berarti orang buta warna pake otak kiri ya min? Gitu maksudnya??

Rizky kurniawan mengatakan...
on 

menurut saya sih itu biru hitam karena kalau kita liat dari jauh keliatan biru hitam dan klu kita liat dari paint kita bikin 4 perbedaan 1.hitam 2. biru 3.putih 4.emas dengan warna agak pudar

Nely zairi mengatakan...
on 

Saya tidak nampak mana putihnya kerana memang saya lihat berpuluh kali nyata memang biru hitam tidak nampak sama sekali warna putih emas itu..buntu..

Novan Seri mengatakan...
on 

Sama emas ke coklat coklatan

Poskan Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772