Kamis, 29 Agustus 2013

Tips Agar Tidur Tidak Mendengkur Atau 'Ngorok'

Bagaimana perasaanmu jika ada orang yang suka tidur sambil mendengkur atau istilahnya ngorok? Atau malah kamu sendiri yang suka tidur mendengkur? Sebenarnya ada tip dan trik mudah agar tidur tak mendengkur atau ngorok. Mau tahu caranya?
Caranya gampang, kamu hanya perlu bernyanyi terlebih dulu sebelum tidur. Hal ini seperti dipaparkan dari hasil penelitian terbaru Universitas Exeter. Dijelaskan bahwa responden yang menyelesaikan latihan bernyanyi selama 20 menit setiap hari selama tiga bulan memiliki 15 persen mendengkur lebih sedikit ketimbang responden yang tak bernyanyi.
"Mendengkur disebabkan oleh menyempitnya pangkal tenggorokan, atau bagian antara  tenggorokan, rongga hidung dan kerongkongan. Dan saat seseorang bernyanyi itu akan memperkuat otot tenggorokan sehingga membantu menjaga jalan napas terus terbuka sepanjang malam," kata Ketua Peneliti Malcolm Hilton, seperti dilansir Menshealth.
Dalam mendapatkan hasil penelitian itu, peneliti membuat penilaian yang unik, yaitu pada pergerakan spesifik otot pangkal tenggorokan, dimana ditemukan bahwa mereka membutuhkan banyak kata 'ung' dan suara 'gah' untuk mendapat manfaat kesehatan dari trik bernyanyi ini. Lebih dalam lagi, Hilton menjelaskan bahwa saat seseorang bernyanyi setiap hari, ia tetap bisa memiliki manfaat kesehatan yang sama.
Kendati demikian, saat seseorang memiliki kebiasaan merokok, suka mengonsumsi obat penenang, konsumsi alkohol dan obesitas, akan sulit mendapat manfaat hasil penelitian ini. Sebab semua kebiasaan tak sehat itu hanya memperburuk kualitas tidur atau akan membuat terus mendengkur setiap malam.
Bila kamu memiliki gangguan tidur yang biasanya berlangsung memiliki jeda bernapas antara 20 sampai 40 detik sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Pasalnya, kondisi bisa menyebabkanmu mengalami penyakit hipertensi, stroke, dan penyakit jantung.
(ind)
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Tips Agar Tidur Tidak Mendengkur Atau 'Ngorok'”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772