Kamis, 05 April 2012

Lakukan Pelecehan, Juri Indonesian Idol Dilaporkan ke KPI

Ada kabar kurang mengenakkan dari ajang Indonesian Idol 2012. Dinilai telah melakukan pelecehan terhadap hak asasi manusia, para juri Indonesian Idol 2012 yang terdiri dari Ahmad Dhani, Anang Hermansyah dan Agnes Monica dilaporkan oleh Aliansi Masyarakat Peduli Acara Televisi Indonesia (AMPATI) ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).
Menurut perwakilan AMPATI Hartoyo, pelaporan ini dilakukan karena menilai para juri telah merendahkan para peserta Indonesian Idol. "Komentar mereka yang tak ada kaitannya dengan suara. Misalnya penampilan yang dinilai terlalu feminin atau maskulin. Bahkan tak jarang perkataan mereka melecehkan dan menertawakan calon peserta," ujarnya di kantor KPI Jakarta, Rabu (4/4/2012).
Hartoyo menilai cara-cara para juri seperti itu patut dipertanyakan lantaran telah melanggar hak asasi manusia seseorang. Bahkan sudah dapat dikatakan sebagai tindakan yang merendahkan martabat kemanusiaan berdasarkan identitas gender atau penampilan seseorang.
"Sikap juri sangat sexist. Untuk itu kami meminta KPI melarang keras para juri merendahkan, mendiskriminasi atau mengeluarkan pernyataan pada calon peserta atas dasar apapun melalui RCTI selaku penyelenggara Indonesian Idol 2012," tegasnya.
Aduan AMPATI ke KPI ini belum mendapat tanggapan dari pihak RCTI sebagai lembaga penyelenggara program Indonesian Idol. Menurut Manager Produksi Untung Pranoto, pihaknya belum dapat memberikan tanggapan atas pengaduan tersebut. Sebab mereka belum menerima pemberitahuan dari KPI.
"Aku belum bisa memberikan komentar lebih lanjut. Karena kita juga belum tahu laporannya seperti apa," ujarnya kala dihubungi wartawan.
Pria ini juga menekankan bahwa para juri hanya memberikan kritikan kepada peserta Idol sesuai dengan kapasitasnya. "Di sini saya perlu tekankan bahwa para juri itu hanya berusaha memberikan kritik yang membangun kepada para peserta. Dan mereka komentar sudah sesuai dengan tugas mereka sebagai juri. Itu mereka lakukan secara spontanitas setelah melihat peserta. Jadi gak ada skrip atau skenario dari kami," paparnya. Namun begitu pihaknya berjanji akan memberikan tanggapan setelah menerima pernyataan resmi dari KPI.
sumber:kapanlagi.com
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
12 Comments

Comments :

12 komentar to “Lakukan Pelecehan, Juri Indonesian Idol Dilaporkan ke KPI”


Uthie mengatakan...
on 

Kalo menurut gue si Anang tuh yang parah. Kalo ngomong pedes banget gak ngaca apa. Kayak dia yang paling bagus aja. Kalo Agmo sama Dhani sih fine2 aja ngomongnya.

Cici mengatakan...
on 

akh! dhani juga kalau ngomong suka bikin kesal sih....bukan anang doang. Kalau agnes masih terlihat menghargai orang.

Adi Sastrodihardjo mengatakan...
on 

Dr situ dpt dilihat mana orang yg baik, mana yg tidak,,, orang yg baik takan merendahkan yg lain,,,

Dudi Lesmana mengatakan...
on 

Setuju! Gw liat cuma Agnes Monica yang paling bener jadi juri. Malah doi sempat bela2in naik ke panggung buat ngajarin kontestannya. Salut gw sama Agnes! Kl Anang nggak banget dah!!

alam mengatakan...
on 

Setuju, gw juga kurang senang terhadap kritikan Anang, gak berbobot banget! Sangat diragukan. Emang anang sombong kenapa sih apa karna lagu2 duet dgn pacar2nya slalu booming, jujur di koleksi mp3 gw gak ada gw simpen lagu anang, coz lagu2nya terlalu cengeng,lemah (merendahkan kaum adam).

Kiky mengatakan...
on 

Kalo dibandingin lagu Anang sama Agnes atau Ahmad Dhani mah jauhhh kualitasnya....Lagunya cengeng2 gitu.

Azizah mengatakan...
on 

Anang kalau ngomong emang pedas banget kayak cabe 10 kilo. Padahal dia juga gak hebat2 amat. Lagunya terkenal waktu dia duet sama KD doang, trs sama Syahrini lumayan. Pas nyanyi solo itu karena orang kasian aja liat dia ditinggal KD jadi lagunya laku. Eh pas duet sama Ashanty gak booming2 amat lagunya. Malah gosip kawin dan lamaran mulu yang muncul. Bukan karya musiknya.

Anonim mengatakan...
on 

Udah jelas banget Agnes Monica mah beda kelas ama Anang. Emang Anang pernah go international? di dalam negeri aja banyak yang kurang suka..

Anonim mengatakan...
on 

para pembaca dan komentator sekalian perlu bertanya, "sudah sekian tahun juri2 tsb menempati kursinya, memberikan berbagai komentar pedas, dan para penonton justru menunggu2 komentar pedas apalagi yang bakal dilontarkan. Tapi mengapa baru sekarang Hartoyo memprotes, justru saat ada komentar yang melecehkan jender peserta, kemana aja dia saat komentar pedas lainnya dilontarkan?" Hartoyo adalah aktivis LGBT, cita2nya memperjuangkan agar masyarakat menerima gay, lesbian, waria, dan para penyimpang seksual lainnya sebagai sesuatu yang normal. Ampati digunakannya sebagai kendaraan untuk memuluskan cita2nya, makanya baru pada saat ada komentar soal laki2 feminin dan perempuan maskulin barulah dia ribut. Jadi, sebenarnya, kepedulian dia lebih terhadap komentar yang berkaitan dgn jender, bukan lain2nya

Abimanyu mengatakan...
on 

Yoi gw juga kurang setuju sm maksudnya si Hartoyo itu. Tp komentar soal Anang bener juga. Duda satu ini kalo ngomong kadang bukannya bikin kontestan termotivasi tp malah jadi down. Coba kl dia mau contoh Agnes atau Ahmad Dhani. Mereka berdua lebih sering kasih motivasi dan masukan buat kontestan Idol. Tp di babak tadi malam Anang keliatan gak banyak omong mungkin karena banyak yg protes soal dia. Mudah2an selanjutnya Anang bisa lebih perbaiki diri krn penonton pasti males juga nonton komentator yg sok hebat dan ngomongnya pedas.

Anonim mengatakan...
on 

Saya jadi inget ada peserta yg nyanyi cukup menarik membawa lagu, langsung disamber anang" "itu lagu jagoan lu ya, sering dinyanyiin ya." Kok kesannya sirik amat sih? Emang kenapa kalo nyanyiin lagu andelan? Tugas lu kan cuma setuju apa kaga nang?

Erika mengatakan...
on 

Setuju! kadang suka aneh ama bapak Anang Hermansyah di indonesian idol. Orang2 bilang bagus, dia malah bilang jelek. Orang2 bilang jelek eh dia bilang bagus. Kayaknya pengen beda sendiri deh! Tapi suka gak nyambung dan terkesan bloon. Kyk Jumat kemaren dia bilang sama kontestan yg suaranya bagus : Kamu cocok jadi calon spektakuler. Lahhh???!! si Agnes aja sampe bingung. Bukannya semua kontestan kemaren emang calon spektakuler. Kan mereka nyanyi buat masuk babak spektakuler idol. Haduhhh!! Capek dehh...!!

Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772