Selasa, 04 Januari 2011

Irfan Bachdim Diberi Kebebasan Memilih

Pemain naturalisasi yang merupakan ujung tombak tim nasional Indonesia Irfan Haarys Bachdim akhirnya bisa tersenyum terkait dengan kontraknya bersama klub Persema Malang. Irfan Bachdim diberi kebebasan dan bisa meninggalkan "Laskar Ken Arok" yang pindah ke Liga Primer Indonesia (LPI). "Kalau Irfan mau keluar dari Persema, dia aman karena saya sudah mempelajari kontrak pemain. Isi kontraknya, hubungan kedua pihak hanya untuk bermain di ISL (Liga Super Indonesia)," ungkap Direktur Hukum dan Peraturan PSSI Max Boboy di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Senin (3/1/2011).
Max Boboy mengakui, jika Irfan Bachdim memilih meninggalkan Persema, itu tidak ada masalah. "Dan tidak ada penalti yang mengharuskannya membayar kontrak dua kali lipat," tutur Max Boboy. Sebelumnya, pihak Persema lewat manajernya, Asmuri, sempat mengancam Irfan. Pemain blasteran Indonesia-Belanda ini harus menebus dua kali lipat kontrak jika memutusnya di tengah jalan. Hal itu terjadi terkait ancaman PSSI yang akan mencoret pemain timnas yang memperkuat klub di LPI.
Dalam kutipan kontrak Irfan Bachdim, memang jelas disebut bahwa kontrak itu hanya untuk kompetisi di bawah naungan PSSI. "Pihak pertama dan kedua terlebih dahulu menerangkan sebagai berikut: bahwa pihak pertama adalah manajer tim Persema (Asmuri), anggota Indonesian Super League (ISL)." Pihak kedua, papar Max Boboy, adalah pemain sepak bola profesional, yang pada saat kerja sama ini ditandatangani, tidak terikat kerja sama dengan klub sepak bola mana pun (Irfan Bachdim).
"Dalam semua ketentuan pasal-pasal perjanjian ini, yang disebut dengan kompetisi antara pihak kedua dan pertama hanya merujuk kepada kompetisi dan/turnamen yang diselenggarakan BLI/PSSI/AFF/AFC dan/kompetisi lain yang mendapatkan persetujuan PSSI yang diikuti pihak pertama," papar Max Boboy.
Hal inilah yang disebut Max Boboy memperkuat posisi Irfan. Pemain berusia 22 tahun itu dikontrak semusim oleh Persema. "Jelas perjanjian pemain itu mengatur untuk bermain di kompetisi ISL. Di luar itu, tidak ada kewajiban bagi pemain untuk ikut ambil bagian di luar kontrak itu. Karena itu, jika Persema ikut liga lain di luar ISL, pemain tak ada masalah keluar dari Persema," ungkap Max Boboy.
Sementara itu, Pelatih Persema Malang Timo Scheunemann yang berjasa dalam mendatangkan Irfan Bachdim dan Kim Kurniawan ke Persema mengaku tidak mengikat Irfan dan Kim. "Saya serahkan kepada mereka berdua, ingin tetap atau hengkang dari Persema demi karier sepak bola mereka. Toh mereka di Persema tidak ada hitam di atas putih kok. Tapi, saya berharap mereka berdua masih loyal sama saya di Persema," tutur Timo Scheunemann.
editor:Marcus Suprihadi;sumber:tribunnews
Share this article :

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Irfan Bachdim Diberi Kebebasan Memilih”


Posting Komentar

 

Copyright © 2012 by Berita Terbaru dan Profil Artis Terkini Powered By SlideGossip | Design by Opung | Contact Email : slidegossip (at) gmail.com | Phone : 0857-808-70772